LAPORAN PRAKTIKUM PENGENALAN MATLAB DAN ALJABAR

LAPORAN PRAKTIKUM PENGENALAN MATLAB DAN ALJABAR

Matlab singkatan  dari  Matrix  Laboratory. Sesuai dengan namanya, struktur data yang terdapat dalam Matlab menggunakan matriks atau array berdimensi dua (double). Oleh karenanya penguasaan teori matriks mutlak diperlukan bagi pengguna pemula Matlab agar mudah dalam mempelajari dan memahami operasioperasi yang ada di Matlab(Arhami,2004).
Matlab adalah bahasa pemrograman dengan kemampuan tinggi dalam bidang komputasi yang mengintegrasikan komputansi, visualisasi dan pemrograman dalam lingkungan yang sederhana dimana permasalahan dan solusi dinyatakan dalam matematika biasa(Saluki,2000).
            Matlab merupakan bahasa pemrograman computer berbasis windows dengan orientasi dasarnya adalah matrik, namun pada program ini tidak menutup kemungkinan untuk pengerjaan permasalahan non matrik. Selain itu matlab juga merupakan bahasa pemrograman yang berbasis pada obyek (OOP), namun disisi lain karena matlab bukanlah type compiler, makla program yang dihasilkan pada matlab tidak dapat berdiri sendiri, agar hasil program dapat berdiri sendiri maka harus dilakukan transfer pada bahasa pemrograman yang lain, misalnya C++. Pada matlab terdapat tiga windows yang digunakan dalam operasinya yaitu command windows (layar perintah) dan figure windows (layar gambar), serta Note Pad (sebagai editor program)(Saluki,2000).
Secara umum, matlab digunakan untuk matematika dan komputansi, pengembangan Algoritma ,akuisisi data ,pemodelan, simulasi dan pembuatan prototype ,analisa data, eksplorasi dan visualisasi ,pengembangan apilikasi, termasuk pembuatan GUI (Eli,2008).
 yuk yuk bisa langsung d download disini

Komentar